Tips Mencegah Efek  AC pada Kulit

Sering berada di ruangan ber-AC? Berapa lama Anda menghabiskan waktu di ruangan ber-AC dalam sehari? Berada di ruangan ber-AC memang sangat menyenangkan, dengan adanya AC maka udara di dalam ruangan terasa sejuk sehingga kita tidak merasa kepanasan ataupun gerah.

Namun, tahukah Anda, meski berada di ruangan ber-AC membuat kita terasa nyaman tapi terlalu lama terpapar dingin dari AC bisa berdampak buruk terhadap kesehatan kulit. Hal ini terjadi karena pendingin ruangan menyerap kelembaban dalam ruangan. pada akhirnya  kulit  kering menjadi kering akibat kehilangan kelembaban. 



Nah, maka dari itu ada beberapa tips untuk mejaga kulit agar terhindar dari kerusakkan pada kulit , terutama kulit wajah .


1. Hindari mandi dengan air hangat

Mandi air hangat memang menenangkan. Tapi bagi Anda yang sering berada di tempat ber-AC, sebaiknya hindari kebiasaan mandi menggunakan air hangat, sebab dapat mengurangi kelembaban kulit Anda. Mandilah dengan menggunakan air yang segar dan sabun yang dapat melembabkan kulit.

2. Gunakan humidifier

Alat ini mungkin jarang ditemukan di Indonesia, mengingat kelembaban udara di Indonesia sudah cukup tinggi. Namun, jika udara di dalam ruangan ber-AC dirasa terlalu kering, Anda bisa pasang humidifier. Alat tersebut sangat membantu menambahkan uap air ke udara yang mencegah kulit kering.

3. Gunakan buah alpukat sebagai masker wajah

Buah alpukat mengandung lemak yang baik, tapi selain memakannya, rupanya alpukat bisa menggunakannya sebagai masker dan dioleskannya ke wajah. 

4. Pilih moisturizer yang tepat

Jangan sembarangan menggunakan pelembab. Pilihlah pelembab yang sesuai dan menguntungkan kulit Anda. 

5. Perbaiki gaya hidup

Terlalu banyak minum minuman yang mengandung kafein maupun alkohol tentu tidak baik untuk kulit. Selain menguranginya, Anda juga harus menggunakan tabir surya setiap saat, bahkan saat berada di dalam rumah. Anda juga harus memperhatikan asupan sehat serta berolahraga.